PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (MOBIL LISTRIK)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (MOBIL LISTRIK)
Kelas: 42.5A.37
Nama Kelompok:
Fakhrizal Afandi (42180098)
Ida Ayu Karina Puspa Garini (42180333)
Agam Maulana (42180088)
KOMUNIKASI
Kata atau istilah “komunikasi”
(Bahasa Inggris “communication”) berasal dari Bahasa Latin “communicatus” yang
berarti “berbagi” atau “menjadi milik bersama”.Dengan demikian, kata
komunikasi menurut kamus bahasa mengacu pada suatu upaya yang bertujuan
untuk mencapai kebersamaan.Menurut Webster New Collogiate
Dictionary dijelaskan bahwa komunikasi adalah “suatu proses
pertukaran informasi di antara individu melalui sistem lambang-lambang,
tanda-tanda atau tingkah laku”.
Definisi komunikasi secara umum
adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan
yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan
tujuan tertentu. Definisi tersebut memberikan beberapa pengertian pokok yaitu
komunikasi adalah suatu proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan
dan pengolahan pesan.
Teori komunikasi adalah satu
pandangan dan strategi yang akan membentuk alat dan rangka kerja untuk sesuatu
perkara yang hendak dilaksanakan Dalam proses komunikasi teori akan
membina bentuk dan kaidah komunikasi yang hendak dibuat. Melalui
penulisan ini pejelasan tentang beberapa teori komunikasi akan
dibuat.
Setiap pelaku komunikasi dengan
demikian akan melakukan empat tindakan: membentuk, menyampaikan, menerima,
dan mengolah pesan. Ke-empat tindakan tersebut lazimnya terjadi secara
berurutan. Membentuk pesan artinya menciptakan sesuatu ide atau gagasan. Ini
terjadi dalam benak kepala seseorang melalui proses kerja sistem syaraf. Pesan
yang telah terbentuk ini kemudian disampaikan kepada orang lain. Baik secara
langsung ataupun tidak langsung. Bentuk dan mengirim pesan, seseorang akan
menerima pesan yang disampaikan oleh orang lain.
Proses penyampaian pesan berupa ide,
gagasan, emosi, keterampilan ataupun pesan lainnya baik secara verbal ataupun
nonverbal dari pengirim (komunikator) kepada penerima (komunikan) melalui
channel / media untuk mendapatkan respons.
TEKNOLOGI
Seiring
dengan perkembangan zaman yang semakin modern, semakin banyak perkembangan yang
terjadi di dalam dunia ini yang semakin lama semakin maju dan canggih. Apalagi
di era globalisasi ini, segala sesuatu yang kita butuhkan bisa diakses secara
mudah. Salah satu contohnya yaitu perkembangan teknologi transportasi yang
semakin pesat. Teknologi sendiri telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang
lalu karena dorongan untuk lebih hidup nyaman, lebih makmur dan sejahtera.
Teknologi transportasi adalah sebuah
teknologi yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat
ke tempat lain dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia
ataupun mesin, lalu transportasi sendiri digunakan dan diciptakan untuk
memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
Teknologi transportasi yang sempat
kembali menjadi perbincangan adalah Mobil Listrik. mobil listrik adalah
kendaraan yang sepenuhnya atau sebahagiannya digerakkan oleh motor menggunakan
listrik di baterai. Baterainya dapat diisi ulang.
Mobil listrik praktis pertama
diproduksi tahun 1880-an. Mobil ini sangat populer di akhir abad ke-19 dan awal
abad ke-20. Perkembangan serta inovasi mesin pembakaran internal (internal
combustion engine – ICE) disusul produksi massal kendaraan bensin yang
lebih murah menyebabkan penurunan penggunaan mobil listrik.
Perkembangan teknologi sistem penyimpanan energi, khususnya teknologi baterai,
membuat penggunaan kendaraan listrik menjadi populer kembali belakangan ini.
Contoh Pekerjaan dan Prakteknya
serta Realisasinya: Kementrian Perindustrian menggandeng Toyotan Indonesia dan
enam perguruan tinggi untuk bersama melakukan riset dan studi secara komperehensif
tentang pentahapan teknologi electrified vehicle di dalam
negeri. Langkah ini akan menjadi masukkan bagi pemerintah menerapkan kebijakan
pengembangan kendaraan listrik, sehingga target 20 persen untuk produksi
kendaraan emisi karbon rendah (low carbon emission vehicle/LCEV) tahun 2025 dapat tercapai. Sedangkan
Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan komitmennya dalam membangun infrastruktur
untuk kendaraan listrik. PLN akan menghadirkan SPLU ( Stasiun Pengisian Listrik
Umum) dan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).
Jenis Mobil Listrik
Jenis mobil listrik
terus berubah berkembang memberikan ragam pilihan bagi calon pengguna. Saat ini
dunia sudah semakin akrab dengan istilah jenis-jenis mobil listrik seperti BEV,
HEV, PHEV dan FCEV. Cara ataupun prinsip kerja masing-masing jenis mobil
listrik itu berbeda-beda. Artikel ini akan membahas secara singkat definisi
atau pengertia, jenis-jenis, tipe, cara serta prinsip kerja mobil listrik yang
beredar di Indonesia maupun dunia saat ini.
Cara Kerja Mobil Listrik – Umum
Secara umum, cara kerja mobil listrik adalah sebagai berikut.
- ·
Ketika
pedal pada mobil ditekan, maka Controller akan mengambil serta mengatur daya
listrik dari baterai traksi dan inverter.
- ·
Dengan
pengaturan dari controller, inverter kemudian mengirimkan sejumlah energi
listrik ke motor (sesuai dengan kedalaman tekanan pada pedal).
- ·
Motor
traksi listrik mengubah energi listrik menjadi energi mekanik (rotasi/putaran).
- ·
Putaran
dari rotor pada motor akan memutar transmisi sehingga roda berputar lalu mobil
pun bergerak.
Catatan: Penjelasan prinsip atau cara kerja mobil listrik adalah untuk
jenis BEV.
Jenis Mobil Listrik
Jenis mobil listrik ada 4 (empat). Garis besarnya sebagai berikut:
- ·
Battery
Electric Vehicle (BEV)
- ·
Hybrid
- ·
Hybrid
Electric Vehicle (HEV)
- ·
Plug-in
Hybrid Electric Vehicle (PHEV)
- ·
Fuel Cell
Electric Vehicle (FCEV)
Secara ringkas, arsitektur sistem keempat jenis mobil listrik di atas
dapat dilihat pada gambar berikut:
Penjelasan lebih rinci dapat anda baca pada ulasan di bawah ini.
Battery Electric Vehicle (BEV)
Jenis mobil BEV disebut juga All-Electric Vehicle (AEV) adalah kendaraan yang beroperasi sepenuhnya dengan menggunakan listrik di baterai. Jenis BEV tidak memiliki mesin pembakaran (ICE). Listrik disimpan pada baterry pack. Pengisian baterai dilakukan dengan menghubungkannya ke jaringan listrik eksternal.
Arsitektur dan Komponen BEV
Komponen BEV
- ·
Electric
motor
- ·
Inverter
- ·
Battery
- ·
Control
module (controller)
- ·
Drive
train
Prinsip Kerja Mobil Listrik BEV
·
Cara atau
prinsp kerja mobil listrik BEV sangat sederhana, sebagai berikut:
- ·
Daya
dikonversi dari baterai DC ke AC untuk mengaktifkan motor
- ·
Pedal
akselerator mengirimkan sinyal ke control module bertujuan untuk menyesuaikan
kecepatan kendaraan dengan mengubah frekuensi daya AC dari inverter ke motor
(bila mobil menggunakan motor induksi).
- ·
Motor
menghubungkan dan memutar roda melalui roda gigi
- ·
Ketika
rem ditekan atau mobil melambat, motor menjadi generator menghasilkan listrik
lalu disimpan kembali di baterai
Contoh Mobil Listrik BEV
Volkswagen e-Golf, Tesla Model 3, BMW i3, Chevy Bolt, Chevy Spark,
Nissan LEAF, Ford Focus Electric, Hyundai Ioniq, Karma Revera, Kia Soul,
Mitsubishi i-MiEV, Tesla X, Toyota Rav4.
Hybrid Electric Vehicle (HEV)
Jenis mobil listrik ini disebut juga standard hybrid, atau paralel
hybrid. Jenis HEV memiliki dua sistem penggerak, yaitu mesin pembakaran (ICE)
dan motor traksi. ICE mendapat energi dari BBM. Motor mendapat daya dari
baterai. Mesin bensin serta motor secara bersamaan memutar transmisi
menggerakkan roda.
Perbedaan jenis mobil HEV dibanding jenis BEV dan jenis PHEV adalah di
mana baterai pada HEV hanya diisi oleh karena putraran mesin, gerakan roda atau
kombinasi keduanya. Mobil ini tidak punya charging port maka baterainya tidak
dapat diisi ulang dari luar sistem seperti jaringan listrik PLN.
Arsitektur dan Komponen HEV
Komponen Jenis Mobil Listrik HEV
- ·
Engine
- ·
Electric
motor
- ·
Battery
pack dengan controller & inverter
- ·
Fuel tank
- ·
Control
module (controller)
Prinsip Kerja Mobil Listrik HEV
Cara atau prinsip kerja mobil listrik HEV sebagai berikut:
- ·
Memiliki
tangki pemasok BBM ke mesin seperti mobil biasa
- ·
Jenis
mobil HEV memiliki satu set baterai untuk menjalankan motor
- ·
Baik
mesin maupun motor dapat memutar transmisi pada saat bersamaan
- ·
Ketika
pengereman maka motor berubah menjadi generator lalu mengisi baterai
Contoh Jenis Mobil Listrik HEV
Honda Civic Hybrid, Toyota Prius Hybrid, Honda Civic Hybrid, Toyota
Camry Hybrid.
Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)
Jenis mobil PHEV adalah jenis hibrid yang memiliki mesin pembakaran
(ICE) dan motor traksi listrik. Dari aspek teknologi, prinsip kerja mobil
listrik PHEV disebut sebagai series hybrid. Jenis PHEV menawarkan opsi
bahan bakar. Jenis mobil listrik ini dapat ditenagai oleh sumber energi fosil
(seperti bensin) atau sumber alternatif (seperti biodiesel) dan oleh baterai.
Berbeda dengan HEV, baterai pada jenis mobil ini dapat diisi-ulang dari sumber
listrik eksternal dengan cara menghubungkannya sumber listrik eksternal
tersebut ke inlet (charging port) pada mobil di sebuah stasiun pengisian mobil listrik (EVCS).
PHEV biasanya dapat beroperasi setidaknya dalam dua mode, yaitu:
- ·
All-electric
mode, di mana hanya listrik pada baterai sebagai energi menggerakkan mobil
- ·
Hybrid
mode, di mana listrik dan bensin digunakan bersamaan.
Beberapa tipe mobil listrik PHEV di Indonesia dapat menempuh lebih dari
70 mil menggunakan listrik saja.
Arsitektur & Komponen PHEV
Komponen PHEV
- ·
Electric
motor
- ·
Engine
- ·
Inverter
- ·
Battery
- ·
Fuel tank
- ·
Control
module
- ·
Battery
Charger (bila jenis on-board)
Prinsip Kerja Mobil Listrik PHEV
Cara atau prinsip kerja mobil listrik PHEV biasanya memulai dengan “all-electric
mode” dan berjalan menggunakan energi listrik hingga baterai habis.
Beberapa model jenis mobil ini bisa beralih ke hybrid mode ketika
laju kendaraan pada posisi stabil di jalan raya, umumnya di atas 60 atau 70 mil
per jam. Setelah baterai kosong, mesin mengambil alih. Mobil pun beroperasi
sebagai hybrid non-plug-in konvensional.
Selain bisa dihubungkan dengan sumber daya listrik dari luar sistem,
baterai mobil PHEV juga dapat diisi oleh perputaran ICE (internal combustion
engine) atau melalui pengereman regeneratif. Selama pengereman, motor bertindak
sebagai generator. Energi yang dihasilkan digunakan untuk mengisi baterai.
Contoh Jenis Mobil Listrik PHEV
Porsche Cayenne S E-Hybrid , Chevy Volt, Chrysler Pacifica, Ford C-Max
Energi, Ford Fusion Energi, Mercedes C350e, Mercedes S550e, Mercedes GLE550e,
Mini Cooper SE Countryman, Audi A3 E-Tron, BMW 330e, BMW i8, BMW X5 xdrive40e,
Fiat 500e, Hyundai Sonata, Kia Optima, Porsche Panamera S E-hybrid, Volvo XC90
T8.
Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)
Jenis atau tipe mobil listrik FCEV juga dikenal sebagai Fuel-Cell
Vehicle (FCV) atau kendaraan Zero Emission. Jenis FCEV menggunakan
teknologi fuel-cell untuk menghasilkan listrik. Listrik dipakai
untuk mengaktifkan motor menjalankan kendaraan. Prinsip kerja mobil listrik jenis
FCEV hampir mirip dengan cara kerja mobil listrik jenis BEV. Hanya saja jenis
ini memiliki sistem yang mengkoversi energi kimia pada fuel-cell menjadi
listrik.
Arsitektur & Komponen FCEV
Komponen FCEV
- ·
Electric
motor
- ·
Fuel-cell
stack
- ·
Hydrogen
storage tank
- ·
Battery
dengan converter & controller
- Prinsip Kerja Mobil Listrik FCEV
Prinsip atau cara kerja mobil listrik ini mirip dengan jenis BEV, namun
berbeda dengan jenis PHEV. Jenis FCEV menghasilkan listrik sendiri untuk
menjalankan kendaraan. Tipe mobil listrik FCEV belum banyak penggunanya di
Indonesia
Contoh Mobil Listrik FCEV
Toyota Mirai, Hyundai Tucson FCEV, Riversimple Rasa, Honda Clarity Fuel Cell, Hyundai Nexo.
LINK
JURNAL DIBAWAH
http://jurnal.batan.go.id/index.php/jpen/article/view/4075
Komentar
Posting Komentar